Facebook, Instagram, Whatsapp, Google dan Amazon Akan Dibubarkan?…

facebook, instagram, whatsapp, google dan amazon bakal dibubarkan

Bacalagi.netSenator Elizabeth Warren berjanji jika ia terpilih menjadi presiden Amerika Serikat 2020, ia akan membubarkan perusahaan teknologi besar Facebook, Google dan Amazon.

Menurut Warren, perusahaan teknologi besar seperti itu mempunyai kontrol terlalu besar terhadap hidup orang AS.

Selain itu, ia mengaku akan membuat aturan khusus untuk perusahaan dengan pemasukan tahunan secara global lebih dari USD 25 miliar, juga meninjau ulang peraturan yang berlaku di Silicon Valley.

Baca Juga : Cara Menyadap WhatsApp Tanpa Aplikasi, Mudah Banget !!!

“Perusahaan teknologi saat ini mempunyai kekuatan terlalu besar –terlalu banyak di ekonomi kita, komunitas kita, dan demokrasi kita. Mereka menghancurkan kompetisi, menggunakan informasi privat kita untuk keuntungan mereka, dan bertarung dengan semuanya,” tulis Warren di postingan blognya.

Warren, yang merupakan seorang advokat anti monopoli, juga adalah senator yang menyerang bank-bank besar ketika krisis finansial terjadi pada 2007-2009.

Baca Juga : Cara Melacak HP Android yang Hilang dengan Akun Gmail

Ia mengaku akan mencari cara untuk menolak merger anti monopoli seperti ketika Facebook mengakuisisi Instagram dan Amazon mengakuisisi Whole Foods.

Caranya adalah dengan mencari regulator yang mau bekerja untuk mengusahakan spin off di perusahaan-perusahaan yang sebelumnya diakuisisi oleh Facebook dan Google.

Baca Juga : Begini Cara Lacak HP Dengan Google Maps

“Saya tak menginginkan pemerintah bekerja untuk perusahaan teknologi besar. Saya menginginkan perusahaan yang bekerja untuk masyarakat,” ujarnya.

Bos Instagram Angkat Bicara

Politisi Amerika Serikat (AS) Elizabeth Warren yang kabarnya akan maju sebagai calon presiden (capres) AS di 2020 ini berniat untuk mencerai-beraikan perusahaan teknologi raksasa, seperti Facebook, Google, Amazon, dan Apple jika dirinya terpilih.

Baca Juga : Ini Pekerjaan Tanpa “Ngantor” yang Bikin Kaya

Mengenai niat tersebut, Kevin Systrom selaku pendiri Instagram memberikan tanggapan kontra. Menurutnya, ambisi Warren itu terlalu menyederhanakan persoalan dan tidak mungkin efektif dilakukan.

“Menjadi besar, dengan dan dari dirinya sendiri, bukanlah kejahatan,” ungkap Systrom melansir dariBusiness Insider.

Meskipun ada kemarahan yang ditujukan untuk perusahaan terknologi raksasa bukan berarti pembubaran perusahaan tersebutlah jalan yang tepat.

Baca Juga : Ingin Fotomu Terlihat Keren, Gunakan 10 Aplikasi Edit Foto Kekinian Terbaik

“Kita hidup di masa di mana saya pikir kemarahan terhadap teknologi besar telah meningkat sepuluh kali lipat. Memecah perusahaan adalah resep yang sangat spesifik untuk masalah yang sangat spesifik,” tuturnya.

Bila tujuan pembubaran ini untuk memperbaiki persoalan ekonomi atau campur tangan asing, Systrom mengatakan ada solusi lain buat mengatasinya. Pembubaran perusahaan teknologi hanya karena dilihat seberapa besar mereka, bukan solusi jitu dan menunjukkan ketidakpahaman pada masalah.

1 COMMENT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here