Lakukan Cara Ini Agar Paru-Paru Cepat Bersih Dari Asap Rokok

Bacalagi.net — Meningkatnya polusi udara dan jumlah perokok aktif di Indonesia mengakibatkan meningkatnya jumlah penderita penyakit paru-paru.

Berdasarkan data Menteri Kesehatan pada tahun 2017 lalu, Indonesia menempati posisi ke-2 dari daftar pengidap penyakit TBC terbanyak di dunia.

Jika tidak segera diobati, penyakit paru-paru dapat berujung pada kematian untuk penderitanya.

Berikut beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengurangi penggumpalan asap pada paru-paru.

Terkhusus untuk perokok aktif, Anda dapat melakukan cara berikut agar paru-paru segera bersih.

1. Minum Secangkir Teh Hijau di Malam Hari

Teh hijau kaya akan zat anti oksidan yang baik untuk melepas racun dalam tubuh, termasuk nikotin. Tidak hanya itu, teh hijau juga membantu membersihkan anus dan menetralkan kadar kolesterol dengan meningkatkan kinerja hati. Minumlah secangkir teh hijau di malam hari, tepat sebelum Anda tidur. Sedikit demi sedikit, kadar racun dalam tubuh akan terbuang pada keesokan hari.

2. Minum Secangkir Jahe + Peppermint

Selain menambah cita rasa masakan, jahe juga bagus untuk membersihkan paru karena didalamnya terdapat kandungan antiseptik dan anti bakteri. Apabila racun menghilang, saluran bronkial dapat bekerja secara lancar, demikian pula dengan proses pernapasan. Campurkan peppermint ke dalam segelas jahe agar baunya lebih enak dihirup.

3. Konsumsi Bawang Putih secara Teratur

Berdasarkan salah satu penelitian yang dilakukan oleh Jiangsu Provincial Centre di Tiongkok, bawang putih dapat membersihkan paru-paru. Kandungan allicin pada bawang putih bekerja sebagai antibiotik, sehingga paru-paru terhindar dari infeksi. Selain dikonsumsi oleh penderita paru-paru, barang putih juga dapat dikonsumsi oleh penderita asma untuk memperlancar pernapasan.

4. Meningkatkan Konsumsi Selenium

Perbanyak konsumsi makanan yang kaya akan zat selenium seperti telur, ikan salmon, ayam, keju, jamur dan oat. Meningkatnya selenium akan merangsang peningkatan enzim dan Vitamin E dalam tubuh, sehingga paru-paru dapat berfungsi secara maksimal. Selain itu, selenium juga ampuh mematikan pertumbuhan sel kanker. Bagi penderita kolesterol, sebaiknya mengatur kadar selenium yang dikonsumsi untuk menghindari meningkatnya kadar kolesterol dalam tubuh.

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here